Kamis, 13 Mei 2021, WIB

Senin, 15 Mar 2021, 20:54:04 WIB, 395 View

Bandung- Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat berhasil meraih 3 (tiga) penghargaan di bidang manajemen kepegawaian yakni 2 (dua) dari BKN Awards dan 1 (satu) dari Kantor Regional III BKN Awards Tahun 2020. Adapun penghargaan BKN Awards yang diraih yaitu peringkat pertama atas capaian dalam penilaian kinerja, peringkat ketiga atas capaian dalam perencanaan kebutuhan, pengadaan, kepangkatan dan pensiun serta peringkat pertama kategori implementasi penilaian kinerja Tahun 2020 Kanreg III BKN Awards.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan bahwa mereka telah melakukan rapat koordinasi (rakor) kepegawaian dengan mengumpulkan seluruh perangkat daerah di Jawa Barat. “Rakor ini dilaksanakan karena kami ingin menerapkan sistem  merit di seluruh unit kerja, dan kemarin Jawa Barat menjadi yang tertinggi dalam penerapan sistem merit, semoga seluruh kabupaten dan kota juga bisa menerapkan sistem ini,” tutur Setiawan.

Provinsi Jawa Barat sendiri menggunakan aplikasi TRK dalam penerapan sistem meritnya. Setiawan menyebutkan bahwa melalui aplikasi ini dapat terlihat kinerja pegawai yang dikategorikan dalam 9 (sembilan) kotak manajemen talenta. “Dari peta talenta itu akan terlihat kinerja pegawai dan ada pegawai yang berada di kotak 1 sehingga tindak lanjutnya adalah kami panggil pegawai ini untuk memastikan potensi dan kinerjanya,” jelasnya.

Sedangkan untuk pegawai yang berada di kotak 9 juga dipanggil dan diperiksa penilaian 360 derajatnya. Selain itu, Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Barat melakukan pemilihan pegawai terbaik untuk pejabat pengawas di setiap bulannya dan 3 (tiga) bulan sekali untuk pejabat eselon 2. “Kunci utamanya adalah sistem yang kita bangun ini adil dan bisa dibuktikan, makanya kami mempersilahkan untuk BKN, LAN ataupun KASN untuk melakukan audit pada sistem ini, karena kami terbuka,” ujar Setiawan.

Selanjutnya, Setiawan Wangsaatmaja  menerima Penghargaan BKN Awards dan Kanreg III BKN Awards yang diberikan oleh Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf, Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah, Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Haryomo Dwi Putranto, dan Kepala Kanreg III BKN Tauchid Djatmiko di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Jumat (12/03/2021). “Saya ucapkan terima kasih dan mudah-mudahan penghargaan dari BKN kepada kami ini menambah semangat di Jawa Barat. Salam dari Bapak Gubernur dan beliau sangat senang atas penghargaan dari BKN,” ungkap Setiawan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan oleh BKN kepada Pemprov Jawa Barat tidak salah setelah mendengar penjelasan dari Sekda Jawa Barat namun ia meminta agar prestasi ini dapat terus ditingkatkan. “Selamat  atas prestasi Prov Jawa Barat dan mari bergandeng tangan dalam meningkatkan kinerja manajemen ASN khususnya dalam penerapan sistem merit di instansi pusat dan daerah,” tutup Supranawa Yusuf. Tas



Sertijab Ketua DWP Kanreg III BKN, Tauchid Djatmiko: Tingkatkan Kolaborasi
Jumat, 00 0000, 09:02:20 WIB, Dibaca : 245 Kali
Talent Pool ASN Salah Satu Upaya Pencegahan Korupsi
Kamis, 08 Apr 2021, 12:39:04 WIB, Dibaca : 240 Kali
Tim IT Kanreg III Lakukan Pendampingan Persiapan Penerapan AJE KENDOR
Sabtu, 03 Apr 2021, 19:40:01 WIB, Dibaca : 213 Kali

Tuliskan Komentar