Sabtu, 25 Mei 2019, WIB
  .'-'.  Hati-hati Penipuan yang mengatasnamakan Kanreg III BKN Bandung   .'-'.    .'-'.  Visi : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Tahun 2025   .'-'.  


Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat

Terhadap Pelayanan Kantor Regional III BKN TA 2018

Negara memiliki kewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Untuk itu berbagai terobosan dan perbaikan telah dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik baik itu instansi pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Oleh karena itu, dalam hal ini perlu untuk mengetahui sejauh mana dampak yang dihasilkan dari perbaikan tersebut melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM).

Sebagai bagian dari Pemerintah, setiap tahunnya, Kanreg III BKN melaksanakan evaluasi terhadap pelayanannya dengan melakukan survey terhadap kepuasan pelanggan dalam memperoleh pelayanan di Kanreg III BKN. Evaluasi yang berwujud pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakaan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan efisien.

Pada survey tahun ini, ada 8 parameter yang diukur sesuai Peraturan Menteri Pendayagunan Aparatur Negara No. 14 Tahun 2017 mengenai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yaitu :

  1. Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif
  2. Sistem, mekanisme dan prosedur adalah tata cara pelayanan yang dilakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan termasuk pengaduan
  3. Waktu penyelesaian adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan
  4. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan adalah hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan
  5. Kompetensi Pelaksana adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan keahlian keterampilan dan pengalaman.
  6. Perilaku Pelaksana adalah sikap petugas dalam memberikan pelayanan
  7. Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses(usaha,pembangunan, proyek). Sarana yang digunakan untuk benda yang bergerak (komputer,mesin) dan prasarana untuk benda yang tidak bergerak (gedung).
  8. Penanganan pengaduan, saran dan masukan adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut

 

Berdasarkan ke 8 parameter tersebut maka Kanreg III BKN melaksanakan survey dengan 85 responden yang merupakan perwakilan pengguna layanan Kanreg III BKN di 37 Provinsi/Kota/Kabupaten di wilayah kerja Kanreg III BKN>  Adapun dari hasil survey didapatkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di BKN adalah sebesar 77, 31% dengan rincian per parameter sebagai berikut:

PENGOLAHAN INDEKS KEPUASAN PER RESPONDEN DAN UNSUR PELAYANAN :

Nilai kepuasan paling tinggi terdapat pada parameter ke 8 yaitu mengenai penanganan pengaduansedangkan nilai kepuasan paling rendah ada pada parameter ke 3 yaitu waktu penyelesaian.

Rendahnya nilai kepuasan pada parameter ke 3 tersebut harus menjadi bahan refleksi bagi Kanreg III BKN untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam melayani pelanggannya.