Sabtu, 08 Oktober 2022, WIB

Rabu, 07 Sep 2022, 00:08:53 WIB, 40 View

Serang-Badan Kepegawaian Negara (BKN) mendapatkan mandat dari undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyelenggarakan pembinaan manajemen ASN di Indonesia. Dalam rangka pembinaan tersebut, BKN sudah menerbitkan regulasi teknis, pedoman dan surat edaran yang bertujuan agar manajemen ASN betul-betul di implementasikan oleh seluruh instansi baik pusat maupun daerah. Salah satu instrumen atau cara yang diterapkan oleh BKN agar instansi dapat menerapkan manajemen ASN dengan sebaik-baiknya yaitu dengan cara pemantauan penilaian dan pemberian penghargaan kepada instansi yang dinilai sudah baik dalam implementasi manajemen ASN. Hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf dalam kegiatan penyerahan penghargaan BKN Awards Tahun 2022 kepada pemerintah daerah di wilayah Provinsi Banten pada hari Senin (29/8/22) di Kantor Gubernur Banten.

BKN Awards Tahun 2022 dibagi menjadi 3 kategori. Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian, penilaian kompetensi, implementasi penerapan manajemen kinerja, penerapan pemanfaatan data-sistem informasi dan CAT. Ketiga, kategori special mention pilot project SIASN dan komitmen peningkatan pelayanan kepegawaian BKN.

Terdapat 4 instansi daerah di wilayah Provinsi Banten yang mendapatkan BKN Awards yaitu Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Serang dan Pemerintah kabupaten Tangerang. “Dan di wilayah Provinsi Banten ini, sudah ada daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan di kategori utama Implementasi Manajemen ASN Terbaik dimana hanya ada 66 instansi se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini yaitu Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kabupaten Tangerang,” ungkap Supranawa.

Lebih lanjut ia berharap dengan mengimplementasikan manajemen ASN sebaik-baiknya dapat mewujudkan target pemerintah untuk mencapai SMART ASN, memperoleh SDM Indonesia dan pemerintah yang berkualitas. “Penghargaan bukanlah tujuan akhir, penghargaan adalah sebuah stimulus instansi untuk menjalankan manajemen ASN sebaik-baiknya. Tujuan akhir kita adalah menciptakan SDM Indonesia ataupun ASN yang siap bekerja secara maksimal dan memberikan pelayanan terbaik,” tutur Supranawa.

Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BKN atas pembinaan penyelenggaraan manajemen ASN yang telah diberikan. Ia juga berharap agar penghargaan BKN Awards yang didapatkan dapat terus memicu pemerintah daerah untuk terus berbenah dan meningkatkan layanan. “Masih banyak yang perlu kita tingkatkan dari aspek-aspek layanan, dan ASN adalah penjuru dari upaya dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat sehingga kita akan terus mengembangkan prinsip-prinsip manajemen ASN menuju SMART ASN,” tutur Al Muktabar. Tas



Sestama BKN Ingatkan Akurasi Data Dalam Pendataan Non ASN
Kamis, 29 Sep 2022, 08:59:21 WIB, Dibaca : 35 Kali
Kakanreg Lantik 2 Pejabat Pengawas Kanreg III BKN
Rabu, 28 Sep 2022, 17:07:19 WIB, Dibaca : 19 Kali
Percepatan Verifikasi dan Approval PDM Wilayah Kerja Kanreg III BKN
Rabu, 21 Sep 2022, 12:05:12 WIB, Dibaca : 31 Kali