info@bkn.go.id

022-0000000

Kanreg III BKN Ranking 1 Penyelesaian Disparitas Data se-Indonesia

Bandung-Direktorat Pengelolaan Data & Penyajian Informasi Kepegawaian BKN menyelenggarakan acara Uji Coba Instrumen Pengukuran Kualitas Data dan Percepatan Penyelesaian Disparitas Data di Wilayah Kerja Kantor Regional III BKN Bandung pada hari Selasa (01/10/24) di Aula Rama Shinta Kanreg III BKN Bandung. Hadir untuk memberikan pengarahan sekaligus membuka acara, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN (SINKA BKN) Suharmen. Dalam pengarahannya, ia menjelaskan tentang instrumen pengukuran kualitas data ASN mendukung digitalisasi manajemen ASN.

“Digitalisasi manajemen ASN dilakukan untuk menjamin efisiensi, efektivitas dan akurasi penyelenggaraan proses dan pengambilan Keputusan dalam Manajemen ASN serta untuk mewujudkan ekosistem penyelenggaraan Manajemen ASN secara menyeluruh,” jelas Suharmen. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa digitalisasi manajemen ASN wajib memperhatikan prinsip keberlangsungan, kerahasiaan dan keamanan siber.

Selanjutnya Suharmen menjelaskan 5 prinsip digitalisasi manajemen ASN yakni customer centric, data-driven, automate, global dan dynamic. Ia juga menegaskan bahwa data adalah kekuatan jika ia dikumpulkan, diproses dan diatur dengan benar. Kemudian ia menyampaikan untuk mencapai data ASN yang berkualitas dibutuhkan pemutakhiran data sesuai Peraturan BKN Nomor 7 Tahun 2023.

Dalam pengarahannya, Suharmen juga menyampaikan bahwa Kantor Regional III BKN Bandung menduduki peringkat 1 untuk unit kerja BKN se-Indonesia yang instansi di wilayah kerjanya telah menyelesaiakan disparitas data terbanyak. “Meskipun peringkat 1, tapi masih ada sisa 12.165 disparitas data yang masih harus diselesaikan oleh Kanreg III BKN bersama instansi daerah terkait di wilayah kerjanya,” tutur Suharmen.

Pada kegiatan ini, dilakukan juga penyerahan penghargaan untuk instansi daerah di wilayah kerja Kanreg III BKN sebagai bentuk apresiasi dari BKN. Sebanyak 3 penghargaan diberikan kepada 2 instansi daerah sebagai berikut:

  1. Penghargaan Penyelesaian Disparitas Tertinggi kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi
  2. Penghargaan Kualitas Data Terbaik kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi
  3. Penghargaan Penyelesaian Disparitas Terbanyak kepada Pemerintah Kabupaten Bogor

Penghargaan ini diserahkan oleh Deputi SINKA BKN Suharmen didampingi oleh Direktur Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian BKN Wahyu kepada Kepala BKPSDM Kabupaten Bekasi Endin Samsudin dan Kepala BKSPDM Kabupaten Bogor Rusliandy.

Turut hadir Kepala Kantor Regional III BKN Bandung Heri Susilowati dan pejabat administrator Kanreg III BKN dalam acara ini. Dalam sambutannya ia menyampaikan harapannya agar para peserta yang merupakan perwakilan dari 37 instansi daerah di wilayah kerjanya dapat mengikuti acara dengan sebaik-baiknya. Dalam rangkaian acara ini, dilaksanakan penyampaian materi tentang Disparitas Data dan Instrumen Pengukuran Kualitas Data dari Tim Direktorat Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian BKN serta materi tentang Peningkatan kualitas data dalam statistik sektoral dari Badan Pusat Statistik dari Badan Pusat Statistik. tes

Publikasi

Publikasi

Berita Terbaru

Tentang Kami

Kantor Regional III BKN adalah bagian penting dari entitas Badan Kepegawaian Negara yang luas, bertugas mengelola administrasi kepegawaian di wilayah kerja yang meliputi Jawa Barat dan Banten. Dengan keberadaan kami, kami hadir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta berperan aktif dalam mendukung pemerintah dalam pengelolaan sumber daya manusia di dua wilayah tersebut.

Jam Pelayanan

Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lokasi Kami

Hak cipta ©2024 Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara – Semua hak cipta dilindungi.