info@bkn.go.id

022-0000000

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018 dengan Metode Computer Assisted Test (Cat) Badan Kepegawaian Negara

Kini menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi profesi yang banyak diminati oleh para pencari pekerjaan. Melihat antusias masyarakat dalam mengikuti berbagai seleksi pada instansi pemerintahan begitu besar. Bahkan ada pihak-pihak yang mencoba dengan cara yang tidak baik agar dapat lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak saja dapat mengikuti seleksi ketika suatu instansi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun bagi siswa/i yang baru lulus Sekolah Menengah Atas/sederajat dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa-mahasiswi/taruna-taruni pada sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian/Lembaga.

Sekolah kedinasan adalah sekolah yang diselenggarakan oleh Kementerian/Lembaga negara. Sekolah kedinasan memberikan fasilitas beasiswa penuh dan uang saku bagi siswa/inya. Setelah lulus sekolah kedinasan pun, Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Daerah menetapkan dan mengangkat lulusan sekolah kedinasan sebagai CPNS setelah mendapat persetujuan teknis dan penetapan Nomor Induk Pegawai dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Alasan inilah yang menjadikan sekolah kedinasan selalu menjadi pilihan siswa/i yang baru lulus Sekolah Menengah Atas/sederajat.

Proses penerimaan mahasiswa baru sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018 berdasarkan Peraturan Menteri Pan dan RB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018. Untuk mewujudkan Calon Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni di sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga yang bersih, kompeten dan melayani, setiap Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni wajib memiliki kompetensi dasar. Oleh karena itu dilakukan seleksi terhadap calon Mahasiswa-mahasiswi/taruna-taruni sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut diselenggarakan dengan system Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sampai dengan bulan Juni 2018, Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah memfasilitasi beberapa pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam rangka penerimaan mahasiswa-mahasiswi/taruna-taruni Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018, yaitu sebagai berikut :

  1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 17 Mei 2018
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 28 Mei 2018
  3. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dilaksanakan pada tanggal 05 Juni 2018
  4. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) dilaksanakan pada tanggal 28 Juni s.d 07 Juli 2018.

 

Dengan menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan system Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada penerimaan mahasiswa-mahasiswi/taruna-taruni sekolah kedinasan diharapkan dapat memperoleh mahasiswa-mahasiswi/taruna-taruni yang memiliki kompetensi dasar yang baik sehingga kelak dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki kompetensi dan karakteristik yang dibutuhkan oleh instansi serta memiliki pribadi yang siap melayani masyarakat. (WD)

Publikasi

Publikasi

Berita Terbaru

Tentang Kami

Kantor Regional III BKN adalah bagian penting dari entitas Badan Kepegawaian Negara yang luas, bertugas mengelola administrasi kepegawaian di wilayah kerja yang meliputi Jawa Barat dan Banten. Dengan keberadaan kami, kami hadir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta berperan aktif dalam mendukung pemerintah dalam pengelolaan sumber daya manusia di dua wilayah tersebut.

Jam Pelayanan

Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lokasi Kami

Hak cipta ©2024 Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara – Semua hak cipta dilindungi.